Senin, 18 Oktober 2010

MYOB

Minding Your Own Business (MYOB)

Minding Your Own Business (M.Y.O.B) Accounitng merupakan paket program komputer untuk bidang akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software). Program dibuat oleh Data-Tech Software Pty. Ltd. Australia. Data-Tech Software merekomendasikan M.Y.O.B Accounting arsitek, konsultasan, galeri seni, salon kecantikan, kontraktor dan sebagainya. M.Y.O.B Accounting sudah menyediakan chart of account (daftar rekening) siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan yang dapat dibaca dalam lampiran.
M.Y.O.B Accounting mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan software sejenis, terutama dalam penggunaan yang relatif mudah dan dapat dikuasai dalam waktu singkat, pada prinsipnya adalah mengisikan data dan mengetahui tombol perintah. Prasyarat untuk dapat memakai program secara maksimal adalah penguasaan pengetahuan dasar akuntansi meliputi konsep, prinsip, prosedur dan teknik pencatatan akuntansi untuk pos-pos dalam laporan keuangan.
Kelebihan MYOB :
1)    User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2)    Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3)    Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4)    Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5)    Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6)    Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7)    Adanya fitur backup dan restore data serta compact database yang memungkinkan database terpelihara dengan baik.
8)    Mempermudah Anda mengambil keputusan. Karena dapat menampilkan atau menyediakan laporan kepada pengguna kapanpun dibutuhkan. Sehingga jangan karena Laporan Anda Terlambat, Bisnis Anda Terhambat.
9)    Fitur Customer Feedback, customer dapat mengajukan saran – saran yang kemudian akan direalisasikan pada software FINA versi lebih lanjut.
10)  Adanya penggunaan periode ketigabelas (tak selamanya angka 13 itu sial). Yang memungkinkan pengguna lebih valid dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.
kelemahan MYOB :
1.    Tidak ada file backup otomatis - harus dilakukan manual
2.     Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
3.    MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
4.    Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
5.    Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
6.    Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
7.    Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
8.    database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
9.    penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy. (perlu dicek kebenarannya).
10.  Belum mendukung multi gudang.
11.  Dibutuhkan kejelian tinggi untuk memposting akun agar tidak tertukar dengan akun lainnya
12.  Format Neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)



Cara mengaktifkan Program Myob dapat dilkukan dengan mengeklik ikon MYOB yang ada di Desktop atau memakai prosedur normal dari Start – All Program kemudian klik Myob Accounting V17. Untuk memulai membuat file perusahaan gunakan menu Create new company file menu yang ada pada program MYOB adalah
·         Open your compeny file. Digunakan untuk membuka file data perusahaan yang pernah dibuat.
·         Create new company file. Digunakan untuk memulai membut file perusahaan.
·         Explor the sanple company. Digunakan untuk melihat contoh file perusahaan.
·         What’s New in ths version. Digunakan untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi ini.
·         Exit MYOB Accounting. Digunakan untuk keluar dari program MYOB.
Mempersiapkan File Perusahaan
Membuat File perusahaan merupakan suatu yang wajib dipersiapkan sebelum transaksi dicatat File perusahaan berisi tentang data perusahaan seperti : Nama Perusahaan, NPWP, No. Izin Pendirian, Alamat Tahun Pembukuan, Bulan awal pembukuan, bulan akhir pembukuan periode pembukuan yang digunakan dan lain sebagainya.
Berikut Langkah langkah membuat file Perusahaan
1.    Aktifkan Myob Accounting V 17
2.    Klik tombol CREATE
3.    Klik Next isikan data Nama Perusahaan, NPWP, No. Izin Pendirian, Alamat dan lain sebagainya
4.    Klik Next isikan Tahun Pembukuan, Bulan awal pembukuan, bulan akhir pembukuan periode pembukuan yang digunakan
5.    Klik Next Baca informasi yang telah dimasukan
6.    Klik Nekt isikan opsi yang ke dua ........
7.    Klik Next
8.    Klik tombol Change untuk Mengidentifikasi file tempat penyimpanan data akuntansi apakah mau disimpan di drive C: my dokumen atau bukan
9.    Ketik Nama file dan klik tombol Save
10.  Klik Next
11.  Klik Tombol Command Centre

Membuka File data Perusahaan  yang pernah dibuat
·         Aktifkn MYOB v17
·         Klik Open your compeny file




*sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar